Design a site like this with WordPress.com
Get started

Miscellaneous Tips

1. TIPS KULIT KINCLONG

Apapun brand-nya, meskipun bukan merek high-end atau hanyalah berupa produk Indomaret; kulit bersih kinclong SANGAT MUNGKIN BISA DIRAIH.

RAJIN dan KONSISTEN adalah KOENTJI.

Segera setelah mandi, dalam keadaan agak basah abis andukan; langsung oles body lotion ke seluruh tubuh sambil sedikit dipijat. Ya, Bestie, WAJIB ada body lotion di dalam kamar mandi.

Tiap malam sebelum tidur, sengantuk apapun; JANGAN malas cuci muka! Apalagi kalau seharian mek-ap-an, WAJIB hukumnya double cleansing.

Tak lupa, kalau maen HP, jangan sambil nunduk untuk menghindari double chin, melainkan diangkat sejajar dengan saat kepala tegak ya, Bestie.

Seperti kisah Enjelita, seorang pegawai counter daleman high-end di emol PS. Enjelita seringkali dikira sebagai putri semata wayangnya selebgram ‘emplok-emplok awor‘ yang baru oplas hidung. Selain karena dari sononya, Enjelita sudah diberkahi wajah yang ketiplek dengan anak sang selebgram tersebut, bahkan bisa disebut sebagai doppelganger-nya saking miripnya; juga karena tidak pernah skip ritual oles-oles-oles meskipun dana terbatas.

Kok tetiba jadi teringat telenovela jadul “La Picara Sonadora” ya Bestie. Cerita seorang pelayan emol yang pesonanya kayak selebbb sampai-sampai dilirik anak sang pemilik emol-nya.


2. TIPS ANTI DIBOHONGI (1)

Setelah mengetahui cerita anak karya Aesop (seorang budak yang juga storyteller yang hidup di tahun 500an SM) yang berjudul “The Boy Who Cried Wolf”; kita jadi makin aware dan tidak lengah, Bestie!

Cerita ini mengisahkan seorang anak yang sering ngerjain warga yang sedang enak-enaknya tidur, dengan teriak-teriak bahwa ada kawanan srigala yang akan memangsa domba di pedesaan. Otomatis, mereka langsung sigap dan bangun. Setelah dicek, tidak ada satupun tanda-tanda ‘srigala was here‘.

Keesokan harinya di malam yang sama, si bocil ngeselin ini melakukan aksinya yang sama. Lagi-lagi para penduduk segera sigap dan bangun. Dan, lagi-lagi, tetap tidak ada tanda-tanda srigala mampir.

Pada malam ketiga, si bocil nggemesyin ini teriak-teriak lagi. Reaksi penduduk tetap sama, dan akhirnya mereka menyadari bahwa si bocil ini hanyalah prankster. Para warga kembali tidur setelah puas ngomel-ngomelin si bocil tentunya.

Namun saat malam keempat, si bocil terkejut dan ketakutan karena betul-betul melihat ada kawanan srigala yang akan menyantap kumpulan domba milik warga. Ahh sayangnya, titel PEMBOHONG sudah melekat pada dirinya; jadi saat dia JUJUR (teriak-teriak minta tolong), nobody cared.

Dan ternyata oh ternyata, Bestie, ulah anak ini ditiru oleh Ashraf Marwan, seorang mata-mata Israel. Beliau berhasil mendamaikan Israel dan Mesir di tahun 1967 dengan metode “The Boy Who Cried Wolf”. Kalau ingin tahu lengkapnya, cuss tonton “The Angel” di Netflix, Bestie!


Hal ini juga dipahami oleh seorang Ibu Rumah Tangga yang crime-savvy.

Ialah Bu Ningsih, yang tidak mempan dibohongi oleh ART-nya, Barbara. Berkat kegemarannya menonton film-film di Netflix, beliau paham betul lika-liku fisik dan psikologi bagaimana seseorang melakukan kejahatan. Hal ini jugalah yang membuatnya berhasil menggagalkan aksi Barbara dan pacarnya yang mau mencuri seperangkat skincare LaMer yang disimpan di kamar khusus bersoleknya.

Selama tiga malam berturut-turut Barbara mengganggu tidur sang majikan, dengan menggedor-gedor pintu kamarnya dan bilang bahwa ada suara babalatak kayak ada orang masuk di kamar bersolek. Namun ketiga kali pulalah, Bu Ningsih tidak menemukan ada jejak orang masuk.

Di malam keempat, Barbara kembali membangunkan majikannya; dengan harapan sang majikan akan cuek dan tidak percaya lagi dengan omongannya. Dan saat Bu Ningsih tidak menghiraukannya dan kembali tidur lelap; itulah waktu yang tepat untuk menyelundupkan pacarnya yang jago membuka kunci lemari.

Tetapi dugaan Barbara meleset, Bestie! Di malam keempat, Bu Ningsih tetap bangun dan membuat rencana dia dan sang pacar gagal total!

Owalah Barbara, kalo cumak pengen LaMer punya Ibu, tinggal bilang doang napa. Kagak perlu pake repot-repot boongin Ibu begini!

Nih 1 set LaMer buat ujung kepala sampai ujung jempol kaki kamu. Tapi INGAT! Jangan diulangi lagi ya!

Dan, jangan sekali-kali berbohong lagi sama Ibu! Kamu tahu kan, di gudang, Ibu punya perlengkapan komplet yang seperti di film “SAW”. Jangan macem-macem ya Barbara!”

Bu Ningsih, Majikan Barbara

3. TIPS ANTI DIBOHONGI (2)

Sudah gak jaman dah pembohong: megang-megang idung, ogah lihat mata, gak bisa duduk tenang, ngeles dan menjawab pertanyaan dengan gu gu ga ga gelagapan.

Sekarang tuh eranya Simon Leviev (“The Tinder Swindler”) dan Anna Delvey (“Inventing Anna”), Bestie!

Kedua penipu ulung tersebut: tenang; percaya diri; selalu melihat mata lawan bicara selama ngobrol; menjawab pertanyaan dengan detail, panjang lebar, meyakinkan, dan flawless; serta tampak cerdas. Sampai-sampai PESONANYA mampu mendistraksi lawan bicara untuk langsung percaya begitu saja dan tidak mengorek dengan detail.

Jadi misalkan suatu saat Bestie sedang mencari pegawai, jangan langsung terbuai dan terkesima dengan kata “OXFORD UNIVERSITY” di CV-nya. Tetap crosscheck dengan sangat teliti ya, Bestie! Jangan terkecoh dengan tampilan luar.


4. TIPS ANTI MALU MALU CLUB

Semua orang pasti pernah berada di situasi yang memalukan. Dirimu juga kan, Bestie? Hhmm gimana ya cara menghadapinya? Kalau menurut Carrie Bradshaw sih TERTAWA saja, jangan tegang.

Instantly, orang-orang yang lihat bakal gak jadi ingin mempermalukan, dan malah berbalik melihat kita sebagai orang yang cool abezz.

(Dibuat dengan CANVA)

Seperti kisah Bu Sri yang hari itu sudah pingin banget beli Kopi Tuku, yang untuk menuju kedainya harus melalui tangga dulu. Pelan-pelan dia menaiki tangga karena kebetulan abis dari kondangan yang mengharuskannya pake sandal tinggi. Sampai di separo tangga, terlihat ada beberapa pengunjung yang sedang menikmati kopinya di kursi yang disediakan.

Mungkin bunyi hak sandal yang thok thok thok membuat mereka menengok ke arah Bu Sri secara bersamaan.

Ouchh sayangnya, di saat yang bersamaan, sandal kanannya kelempar ke bawah. Sampe bunyi ‘klothak’. Hhhmmm.

Tetapi Bu Sri tetap tenang dan teringat nasehat Carrie Bradshaw, “TERTAWALAH!”

Dan ya, Bu Sri tertawa-tawa sendiri sambil turun lagi buat ambil sandalnya yang terlempar; serta memutuskan untuk segera kembali ke mobil dan tidak jadi beli Kopi Tuku.


5. TIPS TANTE COOL DAN AWESOME

Ketika ada acara kumpul keluarga besar Pak Suami (atau keluarga dari pihak Bestie sendiri), inilah saatnya untuk berlatih menjadi seorang Tante atau Bude atau Uwa yang cool dan awesome bagi para keponakan tersayang, Bestie!

Gimana tuh?

Dengan memegang teguh kalimat berawalan “TIDAK” berikut:

  1. TIDAK mengomentari bentuk tubuh
  2. TIDAK mencela gaya berdandannya
  3. TIDAK mencibir pilihan berpakaiannya
  4. TIDAK menanyakan beragam “KAPAN”, seperti: KAPAN lulus; KAPAN nikah; KAPAN punya anak; KAPAN nambah anak; dan KAPAN lainnya
  5. TIDAK lupa ngasih angpauw (fix makin disayang keponakan dan menyandang gelar TANTE favorit!)

6. TIPS PASUTRI HOT LANGGENG

Tips agar rumah tangga senantiasa damai dan penuh cinta adalah…….. tidak lain dan tidak bukan……… KOMUNIKASI.

Cliche memang. Tetapi percayalah, KOMUNIKASI adalah hal PENTING dalam berumah tangga, Bestie.

Melihat begitu banyaknya kasus infidelity dan menyepelekan pentingnya ngobrol, saya jadi ingin menuliskannya.

Kalau dirasa kurang lama atau mau style tertentu; speak up saja, tak perlu malu-malu, Bestie. Pak Suami bukan mbah dukun yang bisa baca pikiran. Malah seneng kalau istrinya bisa terbuka. πŸ™‚


Semoga tips singkat yang saya tuliskan dalam rangka event β€˜Nulis Kompakan Mamah Gajah Ngeblogβ€˜ ini bisa memberi manfaat buat Mamahs —eh Besties– semua ya. πŸ™‚


Published by srinurillaf

Penduduk planet Bumi, -yang selama masih dikaruniai nafas dan kehidupan-, selalu berusaha untuk menjadi manusia seutuhnya; dapat menjalankan posisinya dengan baik dan benar; mau dan mampu untuk terus berkarya dan berkiprah; serta bertekad untuk 'live life to the fullest'.

8 thoughts on “Miscellaneous Tips

  1. Hahaa.. baca judulnya aja udah curiga sama tips ala Uril yang selalu surprising 😁
    Paling suka bagian sendal copot hihihii.. iya Uril, bawa happy aja lah ya! Malu juga nggak bikin sendalnya terbang balik ke kita. Makasih yaaa tulisannya, memeriahkan hari ini 🌞

    Like

  2. aduh banyak banget tipsnya, tapi dari beberapa tips intinya adalah harus langganan Netflix ya biar bisa belajar dari films yang ada di sana #eh? hahahaha

    aku baru tau soal oles2 lotion abis mandi, soalnya aku paling males tuh pake lotion, pantesan aku ga kinclong ya hahahhaa

    Like

  3. Uril, aku paling males pakai lotion, karena ga suka lengket-lengket, tapi ternyata penting ya. Baiklah, mau cari dulu ah lotion yang enak (alasan buat shopping haha).
    Aku geli sendiri baca bagian La Mer, hebat ya Barbara ni, seleranya La Mer haha.
    No 5 ni tips paling juara, biar Mamah Gajah semua jadi tante yang yang cool dan awesome :))

    Like

  4. Dari sekian judul film yang disebut, ga ada satu pun yang aku tahu. Terbukti ga pernah nonton πŸ˜…. Dulu juga langganan Netflix demi nulis ulasan film MGN πŸ˜‚. Jagoan ih Teh Uril inget setiap scene film yang udah ditonton.

    Tips ketawa demi menutupi rasa malu itu kocak, deh. Kebayang salah tingkahnya πŸ˜‚.

    Anyway, tips-tipsnya seru-seru. Yang terakhir itu ada maksud tersirat ga sih? Kok, aku berpikir lain pas baca 😁.

    Like

  5. teh Uriiiil kopi tuku nya di goshop aja teeehhh πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
    aduh itu salfok dengan nama bu Ningsih dan Barbara 🀣🀣
    nuhun tehh artikelnya selalu seruu buat dibaca hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: